Selasa, 08 November 2011

Operasi Khusus Menghentikan Osama


Khukri, Senjata Dewa Gurkha

November 6, 2011
 
 
 
 
 
 
Rate This
Pasukan Gurkha masa kini yang masih menggunakan kukri sebagai salah satu senjata tempur. Walaupun sebenarnya senjata tradisional, kukri ternyata tetap dipertahankan hingga sekarang oleh pasukan Gurkha.
Bicara Gurkha pasti bicara Khukri, dan sebaliknya. Pisau unik yang satu ini adalah ikon nomor satu dan merupakan senjata yang menakutkan. Sekali terhunus oleh seorang Gurkha, Khukri harus minum darah sebelum disarungkan. Tapi benarkah mitos tersebut?
Legenda mengatakan bahwa suatu ketika, Bappa Rawal muda sebagai pendiri Gurkha bertemu dengan pandita bernama Gorakhnath yang sedang bermeditasi. Read the rest of this entry »

Empat Sehat Lima Sempurna

November 6, 2011
 
 
 
 
 
 
Rate This
Tentara Gurkha di Inggris
Biarpun siswa Gurkha yang tiba di Inggris sudah melalui berbagai tes kesehatan, pada dasarnya makanan pokok yang mereka konsumsi di desa mereka tidaklah berimbang dalam hal nutrisi. Sedikitnya variasi makanan membuat para siswa rata-rata kekurangan protein. Oleh karena itu, AD Inggris sudah menyiapkan menu khusus bagi para rekrutmen baru ini. Read the rest of this entry »

Female Gurkha

November 6, 2011
 
 
 
 
 
 
Rate This
Female Gurkha
Gurkha wanita, mungkin ini pikiran terakhir yang akan terlintas di kepala anda. Maklum saja. imej pasukan yang gagah berani dan haus darah tampak tidak sesuai bila diasosiasikan dengan kaum hawa yang lemah lembut. Tapi ternyata emansipasi sampai juga ke Brigade Gurkha, saat Kemetrian Pertahanan Inggris mengubah kebijakannya dan mengizinkan calon wanita bergabung dalam Gurkha Brigade mulai tahun 2007. Read the rest of this entry »

Crafting The Finest Warrior

November 6, 2011
 
 
 
 
 
 
Rate This
Seleksi dan rekruitmen pasukan Gurkha mungkin boleh disebut yang terunik di dunia. Bagaimana tidak, alih-alih menempa para prajurit Gurkha dengan latihan keras, para rekrutmen yang datang sudah punya modal fisik yang tangguh.
Inggris memang beruntung. Fisik anggota suku-suku di kaki gunung Himalaya yang mendaftar masuk menjadi prajurit Gurkha rata-rata memang sudah di atas standar yang diinginkan. Kalau diibaratkan patung, Read the rest of this entry »

Benny Moerdani Nyaris Tewas

October 23, 2011
 
 
 
 
 
 
1 Votes
Profil Benny dalam seragam dan identitas TNKU serta sejumlah anggota TNI AD saat berada di perbatasan.
Tugas Benny Moerdani menyusup ke Kalimantan Utara merupakan misi militer yang sangat berat dan penuh risiko. Setiap harinya Benny bersama tim kecil RPKAD berjalan kaki menyusuri hutan lebat selama berjam-jam untuk membuka jalur bagi pasukan induk AD yang nantinya bertugas menyerbu Malaysia. Read the rest of this entry »

Misi Penyusupan TNI AL

October 23, 2011
 
 
 
 
 
 
1 Votes
Selain melancarkan operasi penyusupan lewat perbatasan yang berada di darat pasukan TNI khususnya TN1AL juga melancarkan operasi militer lewat laut. Tujuan operasi penyusupan yang dilaksanakan oleh Pasukan Katak (Kopaska) dan Marinir (KKO) berupa operasi intelijen, provokasi, dan sabotase. Salah satu misi operasi sabotase yang berhasil adalah yang dilakukan oleh Sersan Dua KKO DjanatinKopral Satu KKO Tohir, dan rekannya yang bertindak sebagai operator perahu, Gani bin AroepRead the rest of this entry »

Menyusup Ke Malaysia

October 23, 2011
 
 
 
 
 
 
1 Votes
Profil pasukan tempur yang harus dihadapi oleh sukarelawan Indonesia.Satuan elite Inggris Royal Ulster Rifles slap menyergap penyusup di daeah rawa-rawa. Patroli hutan King's Own Yorkshire Inggris di hutan Kalimantan Utara. Personal Yorkshire yang herjalan paling depan tampak selalu menyiagakan senapan Sten Gun-nya.
Antara tahun 1961-1966 meletus konfrontasi Indonesia dart Malaysia yang kemudian memicu konflik bersenjata di perbatasan baik berupa penyusupan pasukan gerilya maupun pasukan regular. Tapi karena konflik itu merupakan peperangan yang tidak diumumkan(undeclared war) infiltrant yang menyusup menggunakan nama sukarelawan meskipun sebagian besar di antaranya merupakan anggota ABRI/TNI. Turunnya anggota TNI itu merupakan langkah Read the rest of this entry »

Helikopter Siluman

October 23, 2011
 
 
 
 
 
 
Rate This
Layaknya operasi tertutup, banyak detail yang hanya bisa dikira-kira oleh khalayak. Di antaranya kehadiran helikopter “siluman”yang menimbulkan spekulasi di antara pengamat perkembangan pesawat militer.
Sejauh yang diketahui, ada dua helikopter yang mengangkut 23 personel dan seekor anjing, menyerbu ke kompleks Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan, pada 2 Mei. Read the rest of this entry »

Kenapa Harus Gerenimo?

October 23, 2011
 
 
 
 
 
 
1 Votes
Layaknya operasi dan target intelijen, pemberian sandi nama merupakan hal yang standar — kalau tidak mau dibilang penting. Menyangkut nama operasi rahasia untuk membunuh Osama, ada sedikit perdebatan. Awalnya, operasi ini dilaporkan media sebagai Operation Geronimo. Namun kemudian menjadi Operation Neptune Spear. Operation Geronimo, karena Geronimo merupakan kode yang digunakan untuk menyebut Osama bin Laden.
Geronimo diambil dari nama pemimpin bangsa Indian suku Chiricahua Apache yang menentang pemerintah Amerika dan berhasil meloloskan diri dari tangkapan pemerintah hingga menjadi buronan. Read the rest of this entry »

Operasi Khusus Menghentikan Osama

October 16, 2011
 
 
 
 
 
 
1 Votes
Presiden Obama diantara penasehat-penasehatnya dan pejabat terkait, termasuk Menteri Luar Negeri Hillary Clinton, mengikuti jalannya operasi di Situation Room.
Osama bin Laden, pendiri organisasi Al-Qaeda yang dianggap bertanggung jawab atas serangan 11 September di AS, akhirnya dinyatakan tewas pada 2 Mei 2011. Osama tewas tertembak dalam Operasi Neptune Spear yang memang khusus ditujukan baginya. Meski hasilnya dinyatakan secara terbuka, operasi khusus ini dijalankan tertutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar